Jumat, 20 Februari 2009

Hell Girl_Jigoku Shojo



Dalam setiap serial pada Jigoku Shōjo, diceritakan tentang kisah seorang yang dimana kesuksesan yang diperolehnya dihancurkan oleh tokoh antagonis dalam serial tersebut. Sebuah website dengan nama Jigoku Tsūshin (Pertemanan Neraka) yang hanya bisa diakses pada malam hari oleh seseorang yang memiliki dendam terhadap orang yang dia anggap telah membuat dirinya tersiksa. Apabila seseorang mengetikkan nama orang yang ia benci, maka Jigoku Shōjo akan memberikan orang ini sebuah boneka lengkap dengan seutas tali merah. Jika tali merah tersebut ditarik, maka orang yang ia benci akan mati dan diantar ke Neraka oleh Jigoku Shōjo. Tentunya hal ini dengan syarat, bahwa orang yang meminta akan dimasukkan juga ke neraka.
Dalam setiap seri, cerita dimulai dengan seorang protagonis yang memiliki perasaan dendam yang memuncak, lalu mereka membuka sebuah website. Di halaman utama website tersebut tertulis, "あなたの怨み、晴らします。(Kami akan membalaskan dendam anda disini)" dan dibawahnya ada text box yang tertulis "送信 (Kirim)". Beberapa saat setelah mereka mengirim nama orang yang mereka benci, seorang gadis bernama Enma Ai akan datang ke orang yang meminta. Orang yang meminta ini akan diberikan sebuah boneka oleh Enma Ai (baca: Emma Ai), lengkap dengan sebuah pita merah yang dikalungkan di leher boneka tersebut. Selanjutnya Enma Ai akan memberitahukan orang ini agar menarik pita merah tersebut, supaya musuh mereka dimasukkan ke neraka. Tapi, ini bukannya tanpa syarat. Setelah orang yang meminta menarik pita, maka akan timbullah tanda bulan sabit di dada mereka, sebagai kontrak dengan Jigoku Shōjo untuk masuk ke neraka, sebagai konsekuensi terbayarnya dendam mereka.

Karakter

Enma Ai (閻魔 あい, Enma Ai?)
Sulih suara oleh: Mamiko Noto (Jepang), Brina Palencia (Inggris)
Enma Ai merupakan tokoh protagonis utama pada cerita Jigoku Shōjo. Dengan rambut panjang dan mata merah, dulunya dia pernah mengalami sebuah tragedi yang amat pahit di kehidupannya. Dia tinggal di sebuah dunia yang terus-menerus berada dalam keadaan senja bersama neneknya. Dia bertugas untuk membalaskan dendam kliennya kepada musuh klien tersebut. Enma Ai selalu muncul dengan memakai seragam seifuku atau seragam pelaut berwarna hitam, tapi Enma Ai akan memakai kimono bercorak bunga-bungaan pada saat ia menjalankan tugasnya sebagai Jigoku Shōjo. Dia menjalankan tugas ini selama lebih dari 400 tahun.

Ichimoku Ren (一目連, Ichimoku Ren?)
Sulih suara oleh: Masaya Matsukaze (Jepang), Todd Haberkorn (Inggris)
Ren adalah sahabat dari Ai, dan muncul dengan bentuk seorang lelaki yang tampan. Dia memiliki sebuah biji mata yang besar. Biji mata ini sering dipakai oleh Ren untuk mengamati ruang dan bisa menembus dinding. Mata besar ini kadangkala dipakai Ren sebagai senjata yang bisa memancarkan sinar cahaya yang amat kuat.
Ren berpakaian kasual layaknya remaja cowok pada umumnya. Ketampanannya cukup menarik perhatian para gadis... Ia kadang-kadang menyamar menggunakan nama Ichimoto.

Hone Onna (骨女, Hone Onna?)
Sulih suara oleh: Takako Honda (Jepang), Jennifer Seman (Inggris)
Hone Onna adalah seorang wanita cantik yang memakai kimono dan memakai tanda obi yang menandakan bahwa ia adalah seorang pelacur.Hone Onna juga salah satu pembantu dari Enma Ai. Hone Onna bersama Enma Ai bersama-sama menemui klien dan mengantar musuh klien ke neraka. Di dunia nyata, Hone Onna menyamar sebagai seorang wanita biasa untuk menemui kliennya. Hone Onna juga memiliki sebuah senjata, yaitu pisau lempar. Kemampuan Hone Onna yang lain adalah bisa menyelip ke jalan-jalan yang sempit.

Wanyūdō (輪入道, Wanyūdō?)
Sulih suara oleh: Takayuki Sugo (Jepang), Robert Bruce Elliot (Inggris)
Wanyūdō juga merupakan salah satu pembantu Enma Ai dalam tugasnya. Wanyūdō berperan sebagai penjemput roh-roh klien Enma Ai untuk diantar menuju ke neraka. Wanyūdō ditampilkan sebagai orang tua, dengan pakaian tradisional Jepang. Walaupun kelihatan tua, Wanyūdō memiliki kemampuan beladiri dan bisa melempar bola api. Enma Ai juga memberikan kemampuan kepada Wanyūdō, yaitu kemampuan untuk berubah wujud.

Nenek Ai (あいの祖母, Nenek Ai?)
Sulih suara oleh: Eriko Matsushima (Jepang), Juli Erickson (Inggris)
Wajah Nenek Ai tidak diketahui secara jelas, karena hanya diperlihatkan seperti bayang-bayang saja. Nenek Ai sering menasihati Enma Ai dalam melaksanakan tugasnya. Kadangkala, Nenek Ai juga memberikan nasihat kepada pembantu Ai, seperti Wanyūdō dan Hone Onna.

Laba-laba (人面蜘蛛, Laba-laba?)
Sulih suara oleh: Hidekastu Shibata
Karakter ini merupakan sebuah laba-laba yang berwarna aneh, biasa muncul pada saat Ai dan pembantunya sedang berkumpul. Laba-laba ini berbicara seperti suara seorang lelaki. Laba-laba ini tidak pernah suka dan percaya dengan pembantu Ai.

Kikuri (きくり, Kikuri?)
Sulih suara oleh: Kanako Sakai
Kikuri merupakan seorang gadis kecil yang baru muncul pada saat Jigoku Shōjo Futakomori (season kedua). Kemunculannya sering kali diiringi dengan lagu nina bobo. Kikuri memiliki mata yang biru dan kepribadiannya lebih kekanak-kanakan dibanding Ai. Kikuri pernah menyatakan bahwa ia menyukai Ai.

Karakter sampingan

Hajime Shibata (柴田一, Hajime Shibata?)
Sulih suara oleh: Yuji Ueda (Jepang), John Burgmeier (Inggris)
Tokoh ini merupakan seorang mantan jurnalis. Dia mengumpulkan banyak uang berkat kerjanya dalam memata-matai aktivitas rahasia artis-artis. Pertama-tama, ia mencoba mengungkap situs web Jigoku Tsūshin (Korespondensi Neraka), tapi kemudian ia menyadari bahwa Korespondensi Neraka hanyalah sebuah rumor dan dia berpikir bahwa semua orang sebenarnya sudah berada di Neraka. Entah kenapa, putri dari Hajime Shibata yaitu Tsugumi yang memiliki hubungan rahasia dengan Enma Ai. Hubungan ini memungkinkan Tsugumi untuk melihat segala hal yang telah dilakukan oleh Enma Ai. Di edisi Jigoku Shōjo Futakamori , Hajime Shibata dikenal sebagai penulis biografi Enma Ai.

Tsugumi Shibata (柴田つぐみ, Tsugumi Shibata?)
Sulih suara oleh: Nana Mizuki (Jepang), Luci Christian (Inggris)
Tokoh ini merupakan anak dari Hajime Shibata. Dia lebih dikenal dengan sebutan Hajime-chan. Tsugumi melihat Ai secara tiba-tiba pada suatu hari dan memulai suatu hubungan rahasia dengan Ai. Mula-mula, ia menduga bahwa ia melihat Ai dari pandangan ayahnya. Tapi, lama-kelamaan Tsugumi menjadi segan untuk bertemu dengan Ai. Di edisi Futakamori, Tsugumi diperlihatkan sebagai seorang tokoh yang menjadi sumber informasi tentang Ai. Pada episode ke 24 di Futakamori, nampak Tsugumi juga memiliki hubungan dengan Kikuri.

Ayumi Shibata (柴田 あゆみ, Shibata Ayumi?)
Sulih suara oleh: Hitomi Nabatame (Jepang), Colleen Clinkenbeard (Inggris)

Takuma Kurebayashi (紅林 拓真, Kurebayashi Takuma?)
Sulih suara oleh: Ayumi Fujimura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar